05-May-2024

01

18

13

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Awali Program Intervensi Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, BPOM di Ambon Lakukan Survei di Pasar Gumumae
27 July 2023 14:40

Berita Umum    Post By : System Administrator

Bula - Untuk mewujudkan keamanan pangan di setiap mata rantai pangan, Badan POM menggalakkan Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) yang bertujuan untuk menjamin keamanan pangan di pasar rakyat. Program ini juga menjadi salah satu upaya Badan POM untuk membantu menurunkan angka stunting, karena sebagaimana diketahui pasar rakyat mengambil peran dalam menyediakan bahan pangan untuk pemenuhan gizi seimbang.

Tahun 2023, BPOM di Ambon melakukan intervensi program PPABK di Pasar Gumumae yang terletak di Bula, Kab. Seram Bagian Timur. Oleh karenanya pada Senin (15/05/2023) Petugas BPOM di Ambon melakukan survei dengan berkunjung langsung ke lokasi Pasar Gumumae yang terletak di Kecamatan Bula, Kab. Seram Bagian Timur. Survei ini merupakan awal dari rangkaian pelaksanaan Program Prioritas Nasional PPABK. Petugas BPOM di Ambon melakukan visit dan wawancara kepada para pedagang dan meyampaikan bahwa akan ada intervensi program PPABK di Pasar Gumumae bekerja sama dengan Dinas Kodisperindag Kab. SBT dan Pengelola Pasar Gumumae.

Selain meninjau gambaran kondisi pasar, sarana dan prasarana yang tersedia, Petugas BPOM di Ambon mengidentifikasi pemenuhan persyaratan pasar sehat sebagai prioritas sasaran pengendalian bahan berbahaya serta mengidentifikasi pedagang pasar dan inventarisasi bahan berbahaya dan pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya.

Hasil survei ini diharapkan dapat mengoptimalkan tahapan intervensi PPABK yang akan dilaksanakan secara bertahap di Kab. Seram Bagian Timur tahun 2023 sehingga dapat mendukung terwujudnya Pasar Pangan Aman di Pasar Gumumae. (HLN)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE

 



Share This

Comments