21-Feb-2024

22

48

58

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Balai POM Ambon lakukan survey Pasar Rakyat Kairatu
21 March 2023 12:18

Berita Umum    Post By : System Administrator

Pada hari Jumat,17 Maret 2023 dilakukan survey Pasar sebagai tahap awal rangkaian Program Prioritas Nasional untuk Program Pasar Aman Berbasis Komunitas. Tahun ini yang menjadi lokus intervensi untuk Program Pasar Aman Berbasis Komunitas yakni Pasar Rakyat Kairatu yang bertempat di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Petugas Balai POM Ambon melakukan kunjungan dan survey terhadap kondisi awal pasar sebelum dilakukan intervensi untuk melihat tampilan Pasar Rakyat Kairatu, yang baru saja diresmikan di awal Bulan Maret 2023 ini.

Dalam kegiatan ini, dilakukan penilaian menggunakan kuisioner penilaian pasar yang berisi data umum pasar, kelayakan lokasi pasar, kondisi bangunan pasar, sanitasi sarana umum, sanitasi penjual pangan segar dan pangan matang, serta perilaku hidup bersih dan sehat dari pedagang yang berjualan di Pasar Rakyat Kairatu. Setiap poin poin parameter yang dinilai nantinya akan direkapitulasi dan menjadi dasar penilaian awal Pasar Rakyat Kairatu sebagai lokus intervensi dan nantinya akan didampingi dan dibina menjadi pasar aman bebas dari bahan berbahaya.

Pasar Rakyat Kairatu merupakan pasar yang baru saja diresmikan pada bulan Maret 2023 ini dan merupakan pasar binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Seram Bagian Barat. Letaknya yang berada di jalan poros Kabupaten menjadikannya sebagai pasar yang mudah diakses dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari. Karena tergolong baru, maka aktivitas perdagangan belum seramai pasar pada umumnya. Meski begitu, jenis barang yang dijual sudah sangat beragam, mulai dari pangan segar, pangan siap saji, bahan sembako, sampai pakaian dan kebutuhan rumah tangga lainnya sudah tersedia. Dari segi tata letak penjual juga diatur berdasarkan jenis barang jualannya sehingga memudahkan para pembeli mencari barang yang akan dibeli.

Di tahapan selanjutnya akan dibentuk kader dan komunitas pasar yang mumpuni melalui bimbingan teknis keamanan pasar dan diharapkan para kader keamanan pangan di pasar ini akan menjadi agen dan pelopor terwujudnya pasar yang sehat, aman, dan nyaman di Kecamatan Kairatu. ( SY ) 



Share This

Comments