01-Jul-2022

23

16

03

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Balai POM Ambon Melaksanakan Advokasi Terpadu Program Prioritas Nasional di Kabupaten Buru Selatan Tahun 2022
28 March 2022 15:26

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (28/03) – Badan POM RI memiliki 3 program prioritas nasional yaitu Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pasar Aman Bebas Dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajanan Anak usia Sekolah (PJAS). Pada Rabu (23/03) bertempat di Hotel Golden Alfis Balai POM di Ambon bersama dengan Ibu Dra. Diah Sulistyorini, Apt, MSc selaku Koordinator pada Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan Badan POM RI telah melaksanakan Advokasi Terpadu bagi Kabupaten Buru Selatan yang dihadiri berbagai dinas terkait yaitu dari Dinas PMD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Bapeeda dan Pemerintah Desa, Petugas Pasar dan Kepala-Kepala Sekolah yang diintervensi. Advokasi Terpadu merupakan awal dari serangkaian kegiatan yang nantinya akan berkelanjutan dan memiliki tujuan agar pemerintah daerah setempat dapat terus berkomitmen untuk tetap Bersama menjalankan program nasional ini dengan dinyatakan dalam penandatanganan komitmen bersama antara Kabupaten Buru Selatan dan Balai POM di Ambon.

 

Asisten III Bupati Kabupaten Buru Selatan Bapak Drs. Hasyim Tuanita, MM berkesempatan hadir mewakili Bupati yang dalam hal ini tidak dapat menghadiri secara langsung kegiatan Advokasi Terpadu dan memberikan arahan sekaligus membuka acara secara resmi, beliau mengatakan bahwa akan terus mendukung program-program tersebut dan menghimbau kepada semua dinas terkait dapat terus berkomitmen dan dapat mendukung dalam menjalankan program nasional tersebut.

 

Intervensi Keamanan Pangan Tahun 2022 dilaksanakan di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Balai POM Ambon Tahun 2022 memiliki target yang diintervensi adalah 6 Desa, 2 Pasar dan 21 Sekolah yang difokuskan daerah lokasi stunting di Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Maka dari itu Desa Pangan Aman, Pasar Aman dan Sekolah akan memiliki Kader dari masing-masing Desa, Petugas Pasar dan Kader dari masing-msing Sekolah yang pada akhirnya memiliki komunitas masing-masing sehingga dapat berpartisipasi, dan secara mandiri dalam pembinaan dan pengawasan keamanan pangan di komunitasnya.

 

Turut hadir juga Kepala Balai POM di Ambon Bapak Hermanto, S.Si, Apt., MPPM beliau berkesempatan memberikan sambutan dalam kegiatan Advokasi Terpadu, beliau menyampaikan terima kasih kepada stakeholder yang berkesempatan hadir dan turut mendukung serta berkomitmen untuk mensukseskan Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan di Desa, Pasar dan Sekolah sehingga pada akhirnya masyarakat menjadi masyarakat yang berdaya saing dan mampu menerapkan prinsip-prinsip keamanan pangan dan menjadi konsumen cerdas dengan selalu mengingat Cek KLIK sebelum berbelanja (VFIM)

 

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM di Ambon

 



Share This

Comments