01-Jul-2022

23

08

21

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Balai POM di Ambon Melaksanakan Sosialisasi Keamanan Pangan Bagi Sekolah di Maluku
01 April 2022 08:30

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (31/03) - Pangan yang akan dikonsumsi dalam kondisi aman, bermutu dan bergizi. Pangan yang di konsumsi komunitas sekolah dapat berupa pangan jajanan yang tersedia di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Umummya terdiri dari pangan siap saji, pangan segar dan pangan olahan terkemas. Keamanan dan mutu produk pangan yang beredar di lingkungan sekolah ditentukan oleh kebijakan sekolah, praktek keamanan pangan pengelola kantin sekolah dan penjaja pangan di sekitar lingkungan sekolah.

Sosialisasi Keamanan Pangan merupakan tahapan selanjutnya dari tahapan Advokai Terpadu Program Pangan Jajanan Anak usia Sekolah (PJAS), Sosialisasi Keamanan Pangan dilaksanakan 2 hari yaitu hari Rabu (30/03/2022) Sosialisasi dilaksanakan dengan peserta dari sekolah Kabupaten Buru dan Buru selatan merupakan sekolah intervensi tahun 2022 terdiri dari guru dan siswa, sedangkan hari Kamis (31/03/2022) Sosialisasi dilaksanakan dengan peserta berasal dari sekolah di Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Kegiatan hari Rabu dibuka oleh bapak Hermanto, S.Si., Apt., MPPM selaku Kepala Balai POM di Ambon beliau menyampaikan bahwa pentingnya keamanan pangan yang beredar di lingkungan sekolah sehingga guru dapat mejamin keamanan mutu untuk siswa-siswi di sekolah, beliau berharap untuk kepala sekolah dan guru dapat terus berkomitmen untuk menjaga keamanan pangan dilingkungan sekolah. Kegiatan hari Kamis dibuka oleh bapak Imam Taufik, S.Farm.Apt., M. Farm selaku Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi beliau menyampaikan agar Kepala Sekolah, Guru maupun siswa dapat terus berkomitmen demi terciptanya keamanan pangan di lingkungan sekolah.

Materi yang disampaikan terkait Memilih Pangan Aman, Pengenalan Bahaya Keamanan Pangan dan Tips Konsumsi Pangan Aman Dengan Memperhatikan Informasi Nilai Gizi, pada dasarnya materi ini untuk mendorong guru maupun siswa-siswi memperhatikan keamanan pangan mulai dari pangan siap saji hingga pangan terkemas dan selalu menerapkan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsa), serta memastikan pangan aman untuk dikonsumsi bagi siswa-siswi.

Dengan adanya Sosialisasi Keamanan Pangan bagi sekolah ini dapat membantu guru dalam menyediakan pangan jajanan untuk siswa-siswi lebih terjamin keamanannya, serta menjadi konsumen yang cerdas menerapkan Cek KLIK sebelum berbelanja.

 

Pelayanan Publik BPOM Ambon

 



Share This

Comments