21-Feb-2024

22

09

33

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Bersama Lintas Sektor, BPOM di Ambon Umumkan Hasil Pengawasan Pangan Tahap I Jelang Nataru
02 January 2024 15:17

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (12/12) Dalam rangka keterbukaan informasi publik terhadap hasil pengawasan obat dan makanan, BPOM di Ambon gelar talkshow di TVRI bersama dengan lintas sektor, Selasa (12/12/2023). Hal ini dilakukan untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait hasil pengawasan pangan olahan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPOM di Ambon, Tamran Ismail bersama lintas sektor dari Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Yusda Tuharea, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Kwartir Daerah (kwarda) Maluku, Woody Timisela, Wakil Ketua Bela Negara dan Saka Kwarda Maluku sebagai narasumber.

Dalam kesempatan ini Tamran Ismail menyampaikan bahwa intensifikasi pengawasan pangan olahan dalam rangka pengawalan keamaan pangan bagi masyarakat menjelang Nataru untuk memastikan produk pangan di peredaran aman dan bermutu.

Intensifikasi Pengawasan Pangan dilaksanakan dalam 5 (lima) tahap, yang dimulai pada tgl 1 Desember 2023 s/d 4 Januari 2024 di wilayah kerja Balai POM di Ambon di Provinsi Maluku yaitu Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kep. Aru, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kota Tual” ucap Tamran.

Pelaksanaan intensifikasi pengawasan pangan nataru s/d tanggal 7 Desember 2023 (tahap I) di Provinsi Maluku dilakukan dengan metode offline. Dari Hasil Pengawasan Tahap I yang dilakukan terdapat beberapa temuan ketidaksesuaian seperti temuan administrasi di 6 fasilitas yang diperiksa, dan masih terdapat pangan yang tidak memenuhi ketentuan seperti pangan kedaluarsa di 16 fasilitas (30%), pangan rusak di 8 fasilitas (15%), dan pangan Tanpa Izin Edar (TIE) di 1 failitas (2%).

Merespon hasil temuan tersebut BPOM di Ambon terus mengedukasi masyarakat agar selalu menjadi konsumen cerdas dengan melakukan CEK KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluarsa)  sebelum membeli dan mengkonsumsi produk obat dan makanan.

Yusda Tuhare sangat mengapresiasi langkah-langkah strategis yang dilakukan BPOM di Ambon dengan melakukan intensifikasi pengawasan menjelang Nataru yang melibatkan berbagai lintas sektor demi menjamin obat dan makanan yang di konsumsi masyarakat aman, bermutu, dan berkalitas.  (HR)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb/Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments