19-Aug-2022

06

38

42

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Bimbingan Teknis Bagi Kader Desa Pangan Aman Desa Namsina Kabupaten Buru
17 June 2022 08:17

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (14/06) –  Program Nasional Badan POM RI salah satunya yaitu Program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) Tahun 2022 yang menjadi desa intervensi tahun 2022 adalah desa di Kabupaten Buru Desa Lamahang, Namsina dan Waelihang dan juga menjadi desa lokus stunting. Setelah Advokasi Terpadu yang sudah dilaksanakan pada bulan maret lalu Balai POM Ambon Kembali melaksanakan tahap kedua yaitu Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader di salah satu desa di Kabupaten Buru yaitu Desa Namsina pada tanggal 08 Juni 2022 bertempat di Kantor Desa Namsina. Acara dibuka secara resmi oleh Camat Waplau bapak Abdul Hamid Buton Beliau menyampaikan apresiasinya kepada Balai POM di Ambon karena sudah mau menyentuh desa-desa di kabupaten buru salah satunya Desa Namsina dan beliau berharap kedepannya sudah tidak ada lagi kasus stunting di Desa Namsina dan Desa Namsina dapat menjadi Desa Pangan Aman.

Peserta yang hadir berjumlah 19 orang, terdiri dari unsur kader masyarakat (6), rumah tangga dan PKK (5) dan sekolah (4) total kader yaitu 15 orang dan Tim Keamanan Pangan Desa (TKPD) terdiri dari Kepala Desa Namsina, Sekretaris Desa Namsina, Ketua Tim PKK Desa Namsina dan Kaur Kesejahteraan Desa Namsina. Materi disampaikan oleh 2 narasumber dari Balai POM Ambon yaitu Imam Taufik, S.Farm, Apt, M.Farm, dan M. Viva Agusta, S. Farm, Apt Pada akhir kegiatan, peserta dilatih untuk cara menggunakan Rapid test kit untuk menguji bahan kimia sesuai dengan parameter uji yaitu Formalin, Boraks, perwarna tekstil Rhodamine B dan Methanyl Yellow.

Sofyan Warhangan selaku Kepala Desa Namsina sangat berharap dengan adanya pembekalan materi terkait keamanan pangan desa dan penyerahan 1 set Rapid Test Kit untuk pangan kedepannya diharapkan untuk kader dapat menjadi pembimbing yang baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat dan terus berkomitmen bersama-sama menciptakan keamanan pangan di Desa Namsina (VFIM).

BPOM di Ambon optimis dan berkomitmen untuk terus mewujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

BPOM di Ambon pasti bisa!

Kontributor: Pelayanan Publik -BPOM di Ambon



Share This

Comments