28-Nov-2022

03

03

18

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Buru Selatan
05 September 2022 09:52

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (05/09) – Balai POM di Ambon telah melaksanakan bimbingan teknis bagi Kader Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Buru Selatan pada Rabu (24/08/2022) bertempat di Golden Alfris Hotel. Bimtek Kader merupakan tahapan selanjutnya setelah Advokasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman. Peserta yang hadir dalam Bimtek Kader yaitu Desa Leku TKPD (3) dan Kader (15), Desa Waly TKPD (4) dan Kader (15) dan Desa Fatmite TKPD (4) dan Kader (15).

 

Kegiatan berlangsung dengan kata sambutan Kepala BPOM Ambon yang diwakili oleh Koordinator Substansi kelompok Informasi dan Komunikasi Imam Taufik, S.Farm, Apt, M.Farm yang menyampaikan bahwa dengan mewujudkan keamanan pangan desa itu penting untuk mewujudkan generasi cerdas dan menjamin hidup yang lebih sehat bebas dari bahan berbahaya. Selanjutnya, acara dibuka oleh Sekertaris Bappeda Ihsan Laisouw beliau juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membantu masyarakat terkhususnya desa yang telah dipilih dapat menjamin keamanan dan mutu pangan bagi keluarga maupun lingkungan sekitar. Setiap desa juga menerima penyerahan satu paket Test Kit untuk pengujian Formalin, Boraks, Pewarna Tekstil Rhodamin B dan Methanyl Yellow dari Balai POM di Ambon.

 

Materi disampaikan oleh 3 Narasumber BPOM dari Substansi Kelompok Informasi dan Komunikasi Balai POM di Ambon, yaitu Imam Taufik, S.Farm, Apt, M.Farm, M. Viva Agusta dan Siska Yanti. Materi yang diberikan berupa Keamanan Pangan, 5 Kunci Keamanan pangan bagi Keluarga, Sekolah, Pangan Siap Saji, Retail dan IRTP, stunting, keracunan pangan.

 

Sekertaris Bappeda mengapresiasi program yang digalakkan oleh BPOM di Ambon dan Pemda akan mereplikasi desa pangan aman di 6 kecamatan di  kabupaten Buru Selatan dan menganggarkan dana keamanan pangan di dana desa serta berkomitmen bersama-sama menciptakan keamanan pangan dan menjadi konsumen cerdas selalu menerapkan Cek KLIK yaitu Cek Kemasan, Label, ijin Edar dan Kadaluwarsa di Desa Leku, Waly dan Fatmite Kabupaten Buru Selatan (VFIM).

 

BPOM di Ambon pasti bisa!

Kontributor: Pelayanan Publik -BPOM di Ambon



Share This

Comments