28-Nov-2022

02

50

57

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Bimtek Komunitas Desa Wally Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan
14 September 2022 11:24

Berita Umum    Post By : System Administrator

Bimtek komunitas desa merupakan tahapan ke tiga setelah Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa dan Advokasi kelembagaan desa dari Program Gerakan Keamanan Pangan Desa yang di inisiasi oleh Badan POM RI sejak tahun 2014.

Pentingnya di lakukan pemberdayaan komunitas desa  bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menangani permasalahan keamanan pangan di desanya, di harapkan masyarakat di desa dapat menyiapkan dan mengolah pangan sesuai dengan prinsip prinsip keamananan pangan , yang di lakukan dari usia anak anak sampai orang dewasa. Anak anak mampu memilih pangan jajanan yang aman, bermutu dan bergizi untuk dirinya, mampu membaca label sebelum memutuskan untuk membeli pangan olahan terkemas, Penyedia pangan ( Ritel, PKL dan IRTP) dapat menyediakan pangan yang aman untuk di konsumsi.

Bimtek komunitas di desa Wally kecamatan Namrole kabupaten Buru Selatan, dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2022, di hadiri oleh Tim Keamanan Pangan Desa , 15 Kader keamanan pangan desa dan 50 komunitas desa.  Bimtek Komunitas desa Wally, dibuka oleh Kepala Desa Waly ibu Supro Seknun. Dalam sambutannya ibu Kades Wally memberikan apresiasi yang tinggi kepada Balai POM di Ambon yang berkenan menargetkan desa Wally untuk diintervensi dari segi Keamanan Pangan dengan harapan setelah diintervensi desa Wally akan lebih baik penanganan pangan

Bimtek komunitas desa ini di lakukan oleh kader Keamanan Pangan desa terhadap komunitasnya dan di dampingi oleh petugas Balai POM di Ambon,  memastikan kebenaran penyampaian materi kemanan pangan yang disampaikan kader kepada komunitasnya.

Komunitas desa terdiri dari :

  1. komunitas ibu rumah tangga , materi yang di ajarkan keamanan pangan dan 5 kunci keamanan pangan untuk keluarga.
  2. Komunitas guru, pengelola kantin dan siswa/ remaja , materi yang diajarkan keamanan pangan dan 5 kunci keamanan pangan di sekolah
  3. Komunitas pengelola pangan, materi yang di ajarkan keamanan pangan dan 5 kunci keamanan pangan siap saji
  4. Komunitas ritel , materi yang di ajarkan kemanan pangan dan 5 kunci keamanan pangan untuk ritel

Diharapkan dengan bimtek komunitas yang di lakukan ini mampu meningkatkan kepedulian komunitas desa untuk mengelola pangan secara benar dan kondisi keamanan pangan sampai pada tingkat perseorangan dapat terwujud.

 




Share This

Comments