24-Sep-2022

22

37

08

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Bimtek Komunitas Gerakan Keamanan Pangan Desa Waelihang
10 August 2022 12:04

Berita Umum    Post By : System Administrator

Setelah hari pertama dilakukan Bimtek Komunitas di desa Lamahang, selanjutnya yang menjadi tuan rumah adalah Desa Waelihang. Pada Hari Rabu, 27 Juli 2022, bertempat di SDN 1 Waelihang, Bimtek Komunitas ini berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balai POM Ambon, yang pada hari itu diwakili oleh PFM Madya BPOM Ambon, Anita Soenarko,S.Si,Apt. Acara ini dihadiri pula oleh Kepala Desa dan beberapa perangkat Desa Waelihang yang juga merupakn Tim Keamanan Pangan Desa. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi oleh para Kader kepada komunitasnya. Komunitas desa Waelihang yang berjumlah 50 orang berasal dari berbagai unsur, di antaranya Remaja, Ibu Rumah Tangga, Pedagang Pangan Siap Saji, Pedagang Pangan IRTP, dan juga dari Komunitas Sekolah yakni Guru dan pedagang kantin. Berbeda dengan desa sebelumnya, unsur komunitas ibu rumah tangga di desa Waelihang didominasi oleh ibu hamil dan ibu menyusui yang sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Para Kader memberikan materi yang telah diterima saat bimtek kader beberapa waktu lalu, diantaranya 5 kunci keamanan pangan siap saji, 5 kunci keamanan pangan di rilet, 5 kunci keamanan pangan di rumah, stunting, dan beberapa materi lainnya. Materi yang diberikan disesuaikan dengan unsur komunitas yang dibina.

Diharapkan dari bimtek komunitas ini, para kader yang merupakan agen Balai POM Ambon, berkomitmen memberdayakan komunitas yang telah menjadi tanggung jawabnya masing-masing. Bimtek ini merupakan awal pendampingan kader bagi komunitasnya, di mana setelah ini para kader akan melanjutkan tugasnya, yakni melakukan fasilitasi dan pendampingan perilaku dan praktek keamanan pangan komunitasnya agar keamanan pangan di desa Lamahang semakin terjamin. ( SY )



Share This

Comments