21-Feb-2024

22

12

54

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM Ambon Bekali Tenaga Kesehatan Melalui Bimbingan Teknis Toksikovigilans
30 November 2023 07:03

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon - Keracunan Pangan merupakan kasus di mana seseorang yang menderita sakit dan gejala yang disebabkan karena mengkonsumsi pangan yang diduga mengandung cemaran bilogis atau kimia. Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan merupakan suatu kejadian di mana 2 orang atau lebih menderita sakit dengan gejala yang sama setelah mengkonsumsi pangan dan berdasar analisis epideomologi pangan tersebut terbuksi sebagai sumber keracunan. Sampai hari ini, kasus keracunan pangan menjadi isu besar di negara kita dan mendapat perhatian banyak pihak. BPOM Ambon sebagai salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pengawasan pangan pun terus melakukan berbagai tindakan dalam pencegahan dan penanggulangan kasus keracunan ini.

Pada hari Senin ( 27/11/23), bertempat di Ballroom Swissbel Hotel Ambon, dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Keracunan Pangan (Toksikovigilans)  bagi petugas kesehatan di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Pegawai BPOM Ambon. Hadir juga petugas kesehatan dari perwakilah Rumah Sakit Kabupaten / Kota se Provinsi Maluku. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman petugas kesehatan akan pentingnya toksikovigilans, meningkatkan pelaporan toksikovigilans di Maluku melalui aplikasi e-spimker.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BPOM Ambon, Tamran Ismail yang berharap agar dengan kegiatan ini, BPOM Ambon dan petugas kesehatan lainnya terus bersinergi dan memiliki pemahaman yang sama akan pentingnya melaporkan setiap kasus keracunan pangan dan obat serta bersama-sama dalam penanganan kasus Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan (KLB-KP) sesuai tupoksi masing masing. Sesi pemaparan materi dibawakan oleh Didik Pursito selaku Plt.Direktur Pengawasan Peredaran Pangan Olahan BPOM RI, Yan A.Noor selaku Direktur Medik & Keperawatan RSUP Dr J Leimena, dan pemateri terakhir yakni Mylene Latumahina dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Setelah sesi materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi di mana pada sesi ini berbagai pertanyaa, usu, saran, serta masukan dalam penyatuan pendapat terkait pengalaman dalan penanganan kasus keracunan pangan dan kejadian luar biasa keracunan pangan di Provinsi Maluku.

Dengan kegiatan ini, diharapkan koordinasi BPOM Ambon dan lintas sector terkait dalam penanganan kasus keracunan pangan maupun obat semakin dintingkatkan. Pelaporan dari tiap puskesmas maupun rumah sakit juga semakin intens dilakukan. ( SY )

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments