21-Feb-2024

21

54

00

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM Ambon Kembali Direkomendasikan Meraih ISO/IEC 17025:2017 Laboratorium Uji Berstandar Internasional
02 January 2024 15:12

Berita Umum    Post By : System Administrator

BPOM Ambon Kembali Direkomendasikan Meraih ISO/IEC 17025:2017 Laboratorium Uji Berstandar Internasional

 

Ambon (13/12) – Komite Akreditasi Nasional (KAN) kembali merekomendasikan Laboratorium BPOM Ambon meraih Sertifikat ISO 17025:2017 Laboratorium Penguji, setelah menjalankan sejumlah asesmen yang panjang selama 2 hari (11-12 Desember 2023), bertempat di Laboratorium Kimia dan Laboratorium Mikrobiologi Biologi Molekuler BPOM Ambon.

Asesor KAN yang mengaudit Laboratorium BPOM Ambon sebanyak 5 orang yaitu: Komar Sutriah sebagai Ketua Tim, lalu Yahdiana Harahap, Tati Ariyanti, Mukana Hari Ananta serta Puri Wulandari Rahayu sebagai anggota.

Ruang lingkup yang dicover meliputi: persyaratan umum struktur manajemen; persyaratan sumber daya; proses pengujian fisika/ kimia untuk produk: pangan, obat, napza, mikrobiologi, biomolekul, obat tradisional, suplemen dan kosmetika.

Dalam opening meeting yang berlangsung di Ruang Pattimura BPOM Ambon, Komar selaku Ketua Tim menyampaikan jadwal asesmen selama 2 hari dan harapannya agar semua proses asesmen dapat berjalan dengan lancar, sehingga dibutuhkan dukungan dari semua fihak. Perlu diketahui bahwa Ruang Lingkup (RL) untuk laboratorium BPOM Ambon sangat luas meliputi 6 laboratorium dan ratusan SOP (Standard Operational Procedure) dan Metode Analisa (MA) untuk berbagai komoditi produk.

Proses assessment selama 2 hari berjalan dengan lancar. Selain mengaudit dokumen dan rekaman pengujian, juga dilakukan uji petik langsung di lapangan dalam bentuk pembuktian kompetensi petugas uji yang sedang menguji sampel sehari-hari.

Pada closing meeting, Ketua Tim Asesor menyampaikan sejumlah temuan dan aspek positif. Temuan terdiri dari 29 kategori 2 dan 9 observasi. Untuk temuan ini akan diberikan waktu untuk bisa ditindaklanjuti dan perbaikan.

Ketua Tim juga menyampaikan kesimpulan bahwa: Laboratorium BPOM Ambon telah mengimpelemntasikan ISO/IEC 17025:2017 dengan dukungan komitmen semua personil baik manajerial maupun teknis. Selain itu kompetensi petugas, peralatan, bahan, metode, lingkungan dan infrastruktur laboratorium “Sangat Memadai”. Untuk itu, Laboratorium BPOM Ambon kembali mendapatkan “Rekomendasi ISO/IEC 1702:2017

Kepala BPOM Ambon, Tamran Ismail, sangat bersyukur atas pencapaian ini. Diharapkan Laboratorium BPOM Ambon tetap berkomitmen untuk selalu memastikan semua prosedur pengujian sesuai dengan SOP yang berlaku. Hal ini sangat penting untuk menjamin mutu dan mendapatkan kepercayaan masyarakat luas serta pengakuan internasional (IT).

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun Medsos IG / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE (Mudah Aktif Netral Ikhlas Santun Ekselen)

 



Share This

Comments