09-Feb-2023

10

13

35

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

BPOM di Ambon Perluas KIE Kosmetik dan Obat Tradisional Aman di SMA Negeri 12 Ambon
09 November 2022 05:58

Berita Umum    Post By : System Administrator

BPOM di Ambon laksanakan KIE Kosmetik dan Obat Tradisional Aman di SMA Negeri 12 Ambon, Sabtu (29/10/2022). Kepala SMA Negeri 12 Ambon, Margreet E Pupella menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh BPOM di Ambon bersama Para Duta guna mengedukasi para generasi muda dan berharap SMA negeri 12 Ambon dapat terus dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan berikutnya.

KIE yang bertujuan untuk mengajak Generasi Z menjadi konsumen cerdas ini diikuti oleh 42 Pelajar. Kegiatan ini juga menampilkan kolaborasi apik antara Duta Kosmetik Aman, Daniella Diva Luhukay & Jenifer Lessy serta Duta Jamu Aman Wissney Soetanto & Mahalia Sitaniapessy.

Sebagai Duta Kosmetik Aman, Diva mengajak Gen Z untuk cerdas memilih dan menggunakan kosmetik aman dengan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluarsa). Jeje sapaan akrab Jenifer Lessy melanjutkan dengan memaparkan ciri dan bahaya kosmetik bermerkuri.

Duta Jamu Aman, Wissney Soetanto menjelaskan tentang Bahan Kimia Obat (BKO) yang mana BKO ini umum digunakan dalam pengobatan modern namun tidak boleh ditambahkan secara sengaja dalam Obat Tradisional. Ia membeberkan ciri dan bahaya obat tradisional mengandung BKO.

Manfaat dan penggunaan aplikasi BPOM Mobile juga turut dikenalkan oleh Duta Jamu Aman, Mahalia. Ia menjelaskan cara melakukan scan 2D barcode untuk mengetahui apakah produk tersebut terdaftar di Badan POM atau tidak. "Cek legalitas produk melalui aplikasi BPOM Mobile tidak hanya untuk kosmetik dan obat tradisional saja ya, tapi berlaku untuk semua produk termasuk pangan, suplemen kesehatan dan obat", imbuhnya.

Narasumber BPOM di Ambon, Hellena AR menambahkan informasi tentang penjelasan Badan POM terkait isu obat sirup yang mengandung Etilen Glikol dan Dietil Glikol sesuai dengan beberapa klarifikasi yang sudah BPOM terbitkan. Ia menghimbau untuk menyaring setiap informasi yang beredar dan pastikan juga kejelasan sumbernya. “Informasi obat dan makanan yang valid dan terpercaya, pastikan KataBPOM!”, imbuhnya.

Pada akhir acara dilakukan review materi dan dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab. Peserta yang aktif selama kegiatan KIE diberikan souvenir menarik berupa tumbler dan pouch BPOM (HLN).

 

 

 

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis),

Hubungi Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon

Telp (0911) 342-742; WA 0811-4800-222; Website: bpomambon.com / ambon.pom.go.id; Instagram/twitter/tiktok: @bpom.ambon ; Facebook/Youtube: Balai POM di Ambon



Share This

Comments