21-Feb-2024

20

52

02

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Edukasi Mahasiswa, Kepala BPOM di Ambon kenalkan BPOM Mobile
18 January 2024 08:18

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (11/01) - Mahasiswa memiliki peranan penting untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat. Salah satu peran mahasiswa ditengah masyarakat adalah agent of change (agen perubahan) yaitu mahasiwa berperan sebagai penggerak masyarakat untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik dengan menggunakan ilmu, gagasan, dan gagasan yang dimiliki..

Dalam rangka menambah ilmu dan wawasan para mahasiswa mengenai obat dan makanan, kepala BPOM di Ambon melakukan edukasi langsung di Kampus C Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Maluku Husada dan dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai jurusan, Kamis (11/01/2024).

Pada kesempatan ini, kepala BPOM di Ambon, Tamran Ismail, memberikan edukasi mengenai 5 kunci keamanan pangan yaitu jaga selalu kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan, Masak dengan benar dengan memasak makanan pada suhu minimal 700 Celcius, Jaga pangan pada suhu aman dengan menyimpan makanan pada suhu dibawah 50 Celcius dan diatas 600 Celcius, memisahkan pangan mentah dan pangan matang, dan gunakan air dan bahan baku yang aman. Selain itu Tamran Ismail juga memperkenalkan aplikasi BPOM Mobile. BPOM Mobile adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memverifikasi produk Obat dan Makanan yang terdaftar di Badan POM dengan cara scan 2D barcode.

Di akhir materi beliau mengingatkan kepada para Mahasiwa untuk menjadi Mahasiswa yang cerdas dan selalu ingat Cek Klik (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau menggunakan Obat dan Makanan. Pastikan Kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk yang tertera pada Labelnya, pastikan produk telah memiliki Izin edar BPOM, dan belum melebihi masa Kedaluwarsa.

Pimpinan STIKes Maluku Husada sangat mengapresiasi kehadiran BPOM di Ambon yang telah mengdukasi para mahasiswa menganai Obat dan Makanan. Pimpinan berharap materi yang telah diperolah dapat diterapkan untuk diri sendiri, keluarga, dan Masyarakat di lingkungan sekitar mereka. (HR)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb/Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments