01-Dec-2023

20

19

51

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Inovasi Pesta Kenari Memasuki Tahap Baru
25 May 2022 13:27

Berita Umum    Post By : System Administrator

 

Seperti yang sudah diketahui, Tahun ini Balai POM di Ambon menelurkan inovasi bertajuk “Pesta Kenari “ yakni Pendampingan Penerbitan SPP-IRT se Provinsi Maluku. Inovasi ini merupakan wujud pelayanan public Balai POM di Ambon kepada masyarakat di Provinsi Maluku dalam mendukung pengembangan usaha UMKM, memberikan trigger perekonomian di Provinsi Maluku pasca Pandemi Covid-19 serta meningkatkan keamanan pangan  di masyarakat.

Inovasi ini tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa kerja sama dan sinergi dengan lintas sektor terkait. Setelah melakukan advokasi dengan pimpinan daerah dan lintas sektor di daerah, pengumpulan data IRTP di 12 Kab / Kota, maka hari ini, Rabu 25 Mei 2022, Inovasi ini memasuki tahap baru yakni Pelatihan Pendampingan Penerbitan PIRT Terintegrasi OSS untuk Petugas Dinas Kesehatan Seluruh Provinsi Maluku. Kegiatan ini bertujuan agar setiap petugas di Dinas Kesehatan se Provinsi Maluku dibekali dengan ilmu terkait Penerbitan SPP-IRT yang telah terintegrasi dengan OSS dan juga agar memiliki satu pemahaman terkait Inovasi Pesta Kenari.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, mulai Pukul 09.30 – 14.45 WIT. Dibuka secara resmi oleh Kepala Balai POM Ambon, Hermanto,S.Si,Apt,MPPM yang mengapresiasi seluruh perwakilan dinas Kesehatan se kab / kota di Provinsi Maluku yang hadir. Tak lupa Kepala Balai menitipkan harapan agar para peserta memiliki semangat untuk sama-sama mensukseskan Inovasi ini.

Kegiatan ini berlangsung dalam 2 sesi materi, di mana sesi 1 berisi materi terkait Perizinan Berusaha Berbasis Resiko untuk UMK yang dibawakan oleh Iskandar Slameth dari DPMPTSP Provinsi Maluku, kemudian dilanjutkan materi  SPPIRT UMKM dari Mathias Sandi,S.Farm ,Apt selaku Koord. Kelompok Subtansi Pemeriksaan BPOM Ambon, dan diakhiri dengan materi Pesta Kenari yang dibawakan oleh Koordinator Kelompok Subtansi Infokom BPOM Ambon,  Imam Taufik,S.Farm,Apt,M.Pharm. Setelah materi sesi 1, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berlangsung cukup lama dan hangat karena para peserta sangat antusias dengan materi ini.

Sesi 2 dilanjutkan dengan pemaparan materi Simulasi Penerbitan NIB dan SPP-IRT oleh Bahrul Amri,S.Farm,Apt dan Sutriyani,SH. Materi ini lebih teknis membahas cara pengisian aplikasi SPP-IRT.

Kegiatan ini diharapkan semakin menumbuhkan semangat para petugas dari Dinas Kesehatan se Provinsi Maluku dalam membantu mensukseskan inovasi Pesta Kenari ini dan juga menambah wawasan terkait Penerbitan SPP-IRT yang telah terintegrasi dalam system OSS. (SY)



Share This

Comments