21-Feb-2024

21

20

22

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Kalibrasi Instrumen Laboratorium BPOM Ambon
29 May 2023 06:29

Berita Umum    Post By : System Administrator

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon (IT)

 

Ambon (23/05) - Dalam rangka pemastian penjaminan ketertelusuran pengukuran peralatan laboratorium sebagaimana tercantum dalam klausul pada sistem manajemen laboratorium di BPOM Ambon yaitu SNI ISO/IEC 17025:2017 maka diselenggarakan kalibrasi instrument laboratorium secara berkala setiap tahun, bertempat di laboratorium BPOM Ambon, Senin (22/05/23).

Kalibrasi alat ini dilaksanakan terhadap instrument di laboratorium kimia obat, kimia pangan, kimia obat tradisional, kimia kosmetika serta laboratorium mikrobiologi dan biologi molekuler BPOM Ambon. Sebagai petugas kalibrasi adalah Henry Handoyo sekaligus Kepala Balai Kalibrasi, Parno dan Septi Rosalia Latifah dari Balai Kalibrasi – Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (P3OMN), Badan POM RI.

Laboratorium kalibrasi pada Balai Kalibrasi BPOM RI merupakan UPT P3OMN yang memiliki layanan kalibrasi sesuai dengan kompetensinya dalam pemenuhan ISO/IEC 17025:2017 sebagai laboratorium kalibrasi dan laboratorium pengujian. Pelayanan yang diberikan oleh Balai Kalibrasi terkait dengan layanan kalibrasi untuk semua laboratorium yang dimiliki oleh Balai dan Balai Besar POM di seluruh Indonesia. Hal ini sangat penting dalam menjaga akurasi dan ketertelusuran dalam Jaminan Mutu dan Hasil Pengujian (JMHP) yang diterbitkan oleh semua laboratorium BPOM sebagai laboratorium yang terakreditasi dan diakui secara internasional melalui ISO/IEC 17025:2017.

Kalibrasi dilaksanakan selama 6 hari, 22-27 Mei 2023. Kalibrasi meliputi peralatan timbangan analitik (kalibrasi berat), mikropipet (kalibrasi volume), oven laboratorium inkubator dan thermometer (kalibrasi suhu), centrifuge (kalibrasi kecepatan), serta spektrofotometer (kalibrasi panjang gelombang). Jumlah alat yang dikalibrasi di laboratorium BPOM Ambon adalah 69 alat.   

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM dalam kesempatan terpisah, menyampaikan harapan dengan dilakukannya kalibrasi alat laboratorium secara rutin setiap tahun dapat menjamin alat yang digunakan akurat dan tertelusur hasil pengujiannya. Hal ini sangat penting bagi laboratorium BPOM Ambon dalam melakukan pengujian dalam rangka pengawasan obat dan makanan ataupun dalam rangka pelayanan publik sehingga sertifikat hasil uji laboratorium yang diterbitkan dapat terpercaya dan diakui secara internasional. Hal ini sebagai bukti komitmen BPOM Ambon sebagai laboratorium yang terakreditasi ISO/IEC 17025:2017 (IT)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE

 



Share This

Comments