02-Jul-2022

00

40

12

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Kampanye Pasar Passo Kota Ambon
12 November 2021 05:51

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (12/11) – Salah satu program prioritas nasional adalah Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK), Balai POM di Ambon melaksanakan tahapan selanjutnya yaitu tahapan kampanye Pasar Aman di salah satu pasar intervensi tahun 2021 yaitu di Pasar Passo Kota Ambon. Tahapan kampanye pasar adalah tahapan yang dilaksanakan setelah penyuluhan kepada pedagang pasar dan sampling pengujian tahap 1.

Dalam kampanye pasar diberikan informasi terkait bahan-bahan berbahaya yang sering disalahgunakan oleh pedagang karena tidak mengetahui bahaya yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut, bahan-bahan yang sering ditemukan dan disalahgunakan yaitu Boraks, Formalin, Kuning Metanil (Methanil Yellow) dan Rhodamin B. Bahan berbahaya ini sering disalahgunakan dan ditambahkan pada pangan seperti bakso, tahu, mie, daging, ikan, ayam, kerupuk, ketupat, dan sirup.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terkait keamanan pangan yang bebas dari bahan berbahaya.

Kepala Balai POM di Ambon, Hermanto, S.Si, Apt, MPPM berharap dengan adanya kampanye seperti ini dapat membuat masyarakat dalam hal ini pedagang dan konsumen lebih berperan aktif dalam pengawasan bahan berbahaya dan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya untuk pangan. Beliau juga mengingatkan untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas dengan selalu menerapkan Cek KLIK yaitu Cek Kemasan, Label, ijin Edar dan Kadaluwarsa (VFIM).

Kontributor: Pelayanan Publik-BPOM di Ambon



Share This

Comments