21-Feb-2024

22

10

57

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Kolaborasi BPOM Ambon dan Dinkes Buru Selatan, Selenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP)
13 December 2023 09:01

Berita Umum    Post By : System Administrator

 

Namrole (13/12) - Dinas Kesehatan Kabupaten Buru Selatan menggandeng BPOM Ambon dalam menyelenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), bertempat di Balai Pertemuan Erdogan, Namrole Buru Selatan, Senin, 11 Desember 2023.  

PKP ini bertujuan untuk pemenuhan salah satu komitmen penerbitan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA). Kegiatan ini merupakan implementasi dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK NF) Pengawas Obat dan Makanan (POM) Sub Menu Pengawasan pre-market pangan olahan.

Kegiatan PKP ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Buru Selatan, Nema Solissa yang mewakili Plt. Kepala Dinas Kesehatan Buru Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta IRTP dari berbagai jenis usaha pangan olahan yang berada di Buru Selatan.

Sebagai nara sumber kagiatan ini adalah Mathias Sandy Tokan Ola, selaku Ketua Tim Pemeriksaan Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon. Materi yang disampaikan antara lain: Peraturan Per-UU terkait IRTP; Keamanan dan mutu pangan; Teknologi Proses Pengolahan; Standard Operational Procedure (SOP); Pelabelan Pangan Olahan,  Cara Produksi angan Olahan yang Baik (CPPOB) Bagi IRTP serta Bahan Tambahan Pangan (BTP).

Kegiatan ini sangat memberikan manfaat bagi peserta untuk memenuhi salah satu komitmen izin PIRT bagi produknya. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pemahaman dan persepsi praktek keamanan pangan melalui implementasi CPPOB.

Kepala BPOM di Ambon, Tamran Ismail, dalam kesempatan terpisah, berharap kegiatan PKP ini dapat membantu pelaku usaha IRTP semakin memahami proses pemenuhan persyaratan CPPOB-IRT serta dapat mengimplementasikannnya dalam rangka pemenuhan persyaratan bagi produknya (MS).

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun Medsos IG / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE (Mudah Aktif Netral Ikhlas Santun Ekselen)

 



Share This

Comments