04-May-2024

15

09

41

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Kota Ambon menjadi Lokus Program Pangan Segar Aman (PAS AMAN) TA. 2023.
13 October 2023 14:13

Berita Umum    Post By : System Administrator

Rabu, 11 Oktober 2023 bertempat di aula Dinas Ketahanan Pangan Prop. Maluku, BPOM di Ambon diundang oleh Dinas Ketahanan Pangan Prop. Maluku untuk menghadiri undangan rapat Rapat Koordinasi Fasilitasi Pangan Segar Aman TA. 2023. Rapat bertujuan sebagai wadah koordinasi dengan lintas sektor dalam rangka pelaksanaan program nasional Badan Ketahanan Pangan PAS AMAN dengan lokus Kota Ambon yakni Pasar Waiheru. Dilakukan pembahasan meliputi tahapan kegiatan, sarana prasarana PAS AMAN dan peran masing-masing stakeholder sesuai tupoksinya. BPOM di Ambon dilibatkan sebagai salah satu pembina program PAS AMAN.

Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prop. Maluku Dr. Achmad Jais Ely, ST., M.Si dan dihadiri oleh Dinas Ketahanan Pangan Prop. Maluku, Dinas Pertanian Prop. Maluku, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prop. Maluku, Dinas Kesehatan Prop. Maluku, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, Dinkes Kota Ambon.

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menginisiasi program pengawasan keamanan berbasis lokasi dan komunitas PAS AMAN sebagai bentuk upaya pemenuhan standar keamanan dan mutu pangan guna memastikan pangan segar yang dikonsumsi aman dan berkualitas. Keamanan pangan adalah prioritas utama, dan Indonesia terus berkomitmen untuk memastikan pasokan pangan yang aman dan sehat bagi semua warganya. Pangan segar curah tanpa kemasan yang diedarkan di pasar rakyat mempunyai jaminan keamanan pangan yaitu terhindar dari cemaran fisik, kimia, dan biologi.

Program PAS AMAN sejalan dengan program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) yang diinisiasi oleh Badan POM yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014 yang bertujuan memberdayakan komunitas di pasar agar mampu melakukan pengawasan terhadap produk pangan yang beredar. Memastikan produk yang dijual memenuhi syarat terkait mutu dan keamanan (MVA)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments