21-Feb-2024

22

46

49

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Literasi Media Bersama KPID Maluku, BPOM di Ambon bagi Tips Cerdas Memilih Kosmetik Aman
02 January 2024 15:20

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (14/12) – Dalam rangka menjamin ketersediaan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat, BPOM di Ambon hadiri undangan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Maluku dalam kegiatan Literasi Media yang melibatkan Siswa-siswi SMA/SMK sebagai peserta, Kamis (14/12/2023) bertempat di Aula laintai V Kantor DPRD Provinsi Maluku.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Wakil Ketua KPID Provinsi Maluku, Kaharuddin Mahmud, sekaligus membuka acara secara resmi. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala BPOM di Ambon, Tamran Ismail dan Ketua Tim Kerja Informasi dan Komunikasi, Imam Taufik yang memberikan Tips Cerdas Memilih Kosmetik Aman serta menginforamasikan siaran pers terbaru terkait pengawasan obat tradisional, suplemen  kesehatan , dan kosmetik sepanjang Tahun 2023.

“Hasil pengawasan yang dilakukan BPOM RI sepanjang Tahun 2023 di seluruh wilayah Indonesia terdapat 181 item kosmetika yang mengandung bahan yang dilarang/berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan di Provinsi Maluku sendiri terdapat 599 akun penjualan kosmetik online yang telah take Down karena tidak memenuhi ketentuan (TMK) “ Tamran Ismail menambahkan.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi mengenai antigratifikasi dan cara pelaporannya melalui Whistle Blowing System (WBS) serta beberapa inovasi dalam melakukan pelayanan publik seperti Sosialisasi Inovasi Papapn Invormasi Obat dan Makanan 24 jam (Panorama24) dan PIN Tolak Gratifikasi (Pin Toki). Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dari komisioner KPID Provinsi Maluku, Benico Ritiauw, terkait Siaran Sehat untuk Perlindungan Kepentingan Publik Publik dan Konsumen.

Wakil Ketua KPID Maluku, Kaharuddin Mahmud, sanagt mengapresiasi dukungan BPOM di Ambon yang telah melakukan sinergitas bersama KPID dalam melakukan pengawasan penyiaran iklan berbagai produk obat dan makanan yang tayang di daerah Provinsi . Beliau berharap kerja sama antara BPOM di Ambon dan KPID Provinsi Maluku dapat terus ditingkatkan demi menjamin ketersediaan informasi yang baik dan benar kepada Masyarakat. (HR)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb/Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments