26-Apr-2024

07

29

19

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Pelaksanaan Rencana Aksi Keamanan Pangan Negeri Passo
01 December 2022 09:15

Berita Umum    Post By : System Administrator

Negeri Passo yang terletak Kecamatan Teluk Ambon Baguala - Kota Ambon merupakan satu dari delapan desa lokus intervensi BPOM di Ambon dalam Program Prioritas Nasional Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) tahun 2021. Salah satu bentuk komitmen pemerintah desa untuk terus mengawal keamanan pangan di desa adalah melalui rencana aksi keamanan pangan desa tahun 2022 yang kemudian dituangkan dalam RAB anggaran dana desa.

Salah satu bentuk pelaksanaan rencana aksi keamanan pangan Negeri Passo adalah kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan Negeri Passo pada tanggal 21 November 2022 bertempat di Kantor Negeri Passo dihadiri oleh perangkat pemerintah negeri dan 50 orang komunitas desa yang terdiri dari komunitas ibu rumah tangga,  pangan siap saji, ritel dan komuntas sekolah.

Narasumber kegiatan ini adalah kader keamanan pangan desa yang telah mendapatkan bimbingan teknis saat Negeri Passo diintervensi dalam program GKPD tahun 2021 dan narasumber dari BPOM di Ambon, M. Viva Agusta, S.Farm, Apt. Materi yang disampaikan terdiri dari Keamanan Pangan, 5 Kunci Keamanan Pangan di Rumah Tangga, 5 Kunci Keamanan Pangan di Ritel, 5 Kunci Keamanan Pangan di Pangan Siap Saji dan Stunting. Juga dilakukan praktek pengujian sampel yang dibeli di lingkungan Negeri Passo oleh kader menggunakan alat rapid test kit untuk parameter boraks, formalin, rhodamine B dan methanyl yellow. Hasil uji menunjukkan sampel-sampel yang diuji memenuhi syarat (MS).

Keberhasilan program GKPD salah satunya terlihat dari keberlanjutan program melalui kegiatan mandiri keamanan pangan yang dilakukan di desa dengan memberdayakan kader yang ada berupa sosialisasi keamanan pangan dan pengujian sampel. Diharapkan program keamanan didesa terus berlanjut dengan kader dan komunitas yang terus bertambah. (MVA)



Share This

Comments