01-Jul-2022

23

32

43

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Pengawasan Pangan Takjil di Galunggung dan Kebun Cengkeh Ambon
21 April 2022 10:00

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (07/04) – Berburu Takjil selama bulan Ramadhan sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sambal menunggu waktu berbuka puasa tiba. Hal ini terus menjadi perhatian Balai POM di Ambon setiap bulan Ramadhan tiba. Khususnya di Kota Ambon memiliki banyak lokasi jajanan takjil seperti hari Rabu (06/04/2022) Balai POM di Ambon berkesempatan melaksanakan intensifikasi berupa sampling dan pengujian takjil yang berlokasi di Galunggung dan Kebun Cengkeh.

Sampel yang didapat berjumlah 22 Sampel kimia berupa aneka kue dan aneka minuman yang berwarna mencolok yang kemudian diuji cepat menggunakan Rapid Test Kit untuk mengetahui apakah ada bahan berbahaya yang dapat ditambahkan ke dalam makanan, yakni Rhodamin B, Methanil yellow, Boraks dan Formalin. Dari hasil pengujian diperoleh 22 sampel kimia negatif dari bahan berbahaya atau aman untuk dikonsumsi.

Selain sampling, setiap penjual takjil diberikan edukasi agar selalu memperhatikan hygiene sanitasi dalam mengolah takjil hingga pada saat menjual makanan takjil seperti menutup setiap takjil yang dijajakan, mengambil makanan menggunakan penjepit atau sarung tangan. Penjual takjil juga diberikan spanduk dan langsung dipasang di tempat jualan tersebut, yang mana spanduk ini berisi edukasi tentang tips membeli takjil yang aman dan juga kepada para pembeli agar cerdas dalam membeli takjil yang aman (VFIM).

 



Share This

Comments