04-May-2024

13

45

07

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Peringati Hari Pangan Sedunia BPOM di Ambon Bagi Tips Seputar Kesehatan
18 October 2023 10:08

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (13/10/2023) – Dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada Senin (16/10), BPOM di Ambon, adakan Talkshow keamanan pangan gandeng praktisi kesehatan di Radio Ambon Ekspres pada Jumat (13/10).

 

Talkshow keamanan pangan ini mengahdirkan narasumber Kepala Balai POM di Ambon, Tamran Ismail bersama dengan praktisi Kesehatan, Faradila Kilkoda dengan mengusung tema “Sehat Bersama BPOM”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dalam menjamin pemenuhan pangan yang aman, bermutu, dan bergizi.

 

Praktisi Kesehatan, Faradila Kilkoda, berpesan kepada seluruh masyarat untuk menjaga kualitas Kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang higienis dan memiliki izin edar dari BPOM. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli makanan olahan yang baik seperti kebersihan lingkungan, kondisi penjual (bersih, tidak sakit, dan tidak merokok ) menerapkan pengolahan yang baik, penyimpanan yang baik terhindar dari kontaminasi bahan kimia, serta penyajian yang tepat sesuai standar.

 

Tamran Ismail menjelaskan bahwa keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya tanggung jawab BPOM sebagai regulatori tapi juga seluruh masyarakat sebagai konsumen dalam membeli pangan olahan.  Pangan olahan yang diproduksi harus sesuai dengan cara pembuatan pangan olahan yang baik untuk mejamin mutu dan keamanannya, Tamran menambahkan.

 

Selain itu, Tamean Ismail juga  mengingatkan untuk menerapkan 5 kunci keamanan pangan  yang bisa di aplikasikan oleh masyarakat untuk memperoleh hidup yang lebih sehat yaitu beli pangan yang aman, simpan pangan secara aman, siapkan pangan secara seksama, sajikan pangan secara aman, dan bersih selalu.

 

Mengakhiri Talkshow Keamanan pangan, BPOM di Ambon bagi tips kepada masyarakat untuk mengecek legalitas produk obat dan makanan secara mandiri melalui Cek BPOM berbasis web di www.cekbpom.pom.go.id atau melalui aplikasi BPOM Mobile yang dapat diunduh di playstore maupun appstore. (HR)

 

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb/Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE

 



Share This

Comments