04-May-2024

14

27

57

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Petugas Pasar Gumumae ikuti Bimtek Petugas Pasar
27 July 2023 14:37

Berita Umum    Post By : System Administrator

Bula – Bertempat di Hotel Mutiara, Bula pada hari Rabu, 26 Juli 2023 dilaksanakan Kegiatan dengan judul Bimbingan Teknis Petugas Pasar Aman Berbasis Komunitas. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Program Prioritas Nasional Pasar Aman Berbasis Komunitas yang mana salah satu daerah lokus intervensinya yakni Kabupaten Seram Bagian Timur. Setelah sebelumnya tahap serupa dilaksanakan di Kabupaten Seram Bagian Barat, hari ini Pasar Gumumae menjadi tuan rumahnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Seram Bagian Timur, Adam Rombalifar yang didampingi oleh Ketua Tim Infokom BPOM Ambon, Imam Taufik. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Indag SBT mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Pasar Gumumae sebagai lokus intervensi Program Pasar Aman Berbasis Komunitas 2023 ini. Pasar ini merupakan pasar yang baru dirintis oleh pemerintah daerah dan berharap dengan adanya bimbingan program ini, semakin membantu para pemerintah dan petugas pasar dalam membangun pasar yang lebih nyaman dana man.

Sebelum dan setelah pemaparan materi, dilaksanakan evaluasi pengetahuan peserta melalui Pre dan Post tes. Sesi pemaparan materi berlangsung dalam beberapa sesi yang terdiri dari pemaparan materi Program Pasar Aman Berbasasi Komunitas dan Keamanan Pangan oleh Imam Taufik, 5 Kunci Keamanan Pangan ritel dan BPOM Mobile oleh Siska Yanti selaku PFM Muda BPOM Ambon, Materi Informasi Nilai Gizi dan Sampling Pasar oleh Hellena Arvinda selaku PFM Pertama BPOM Ambon. Pada akhr materi dilakukan pelatihan menggunakan Rapid Test Kit dalam pengujian bahan berbahaya dalam pangan.

Setelah kegiatan ini, diharapkan para petugas Pasar Gumumae menjadi agen informasi dan edukasi bagi semua komunitas pasar agar Pasar Gumumae menjadi Pasar yang masyarakatnya memiliki pemahaman dan kebiasaan keamanan pangan yang baik. Pada akhirnya Pasar Gumumae menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan jual beli yang nyaman dan aman.( SY )

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.



Share This

Comments