01-Jul-2022

23

52

11

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Rapat Konsolidasi SAKA Pra Rakerda Kwarda Maluku
16 November 2021 08:49

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (16/11) – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Maluku melakukan rapat konsolidasi pra rakerda, bertempat di Kantor Kwada Maluku, Karang Panjang, Ambon, Rabu (10/11). Rapat konsolidasi ini mengundang para pimpinan Satuan Karya Pramuka (SAKA) di lingkup Kwarda Maluku.

 

Rapat yang dipimpin oleh Kakak Woody Timisela dan Kakak Hendrik Herwawan dari Kwarda Maluku membahas usulan program kerja dari masing-masing SAKA yang akan dilaksanakan pada tahun 2022. Satuan Karya Pramuka Pengawas Obat dan Makanan (SAKA POM) Maluku juga turut diundang pada rapat ini. Selain itu, rapat ini juga dihadiri peserta dari perwakilan SAKA Kalpataru, Saka Bhayangkara, SAKA Dirgantara, SAKA Wana Bakti dan SAKA Taruna Bumi.

 

SAKA POM diwakili oleh Kakak Imam Taufik dari BPOM Ambon dan Kakak Muhammad Nur Sigit Harianto dari Loka POM Kepulauan Tanimbar. Kakak Imam pada penyampaiannya menjelaskan bahwa SAKA POM sebagai Saka Rintisan telah melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2019 oleh SAKA POM Maluku adalah Rapat Sosialisasi SAKA POM di Lingkup Kwarda Maluku dan 8 Kwarcab di Provinsi Maluku yang dilaksanakan di The City Hotel Ambon. Kegiatan ini mengundang Ketua dan Pengurus Kwarda dan Kwarcab di 8 Kabupaten Kota di Maluku.

 

Selain itu, SAKA POM juga telah melaksanakan Kemah SAKA POM Kwarda Maluku yang diikuti oleh 200 peserta anggota pramuka pandega dan penegak di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah. Kemah ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Lorihua, Suli, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Pada perkemahan ini dilakukan sosialisasi 3 Krida yang ada di SAKA POM yaitu Krida Pengujian, Krida Pemberi Informasi dan Krida Pemeriksaan. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh para adik-adik pramuka.

 

Pada Kemah SAKA POM ini juga dilakukan pelantikan pengurus Pimpinan SAKA POM dan Majelis Pembimbing (Mabi) SAKA POM tingkat Kwarda Maluku dan Tingkat Kwarcab Ambon. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Kwarda Maluku yang diwakili oleh Kakak Yoseph Banea dan Ketua Kwarcab Ambon oleh Kakak AG Latuhueru.

 

Selain itu, pada tahun 2022 SAKA POM telah merencanakan untuk melaksanakan 7 kegiatan berupa Pembekalan Instruktur SAKA POM dan Pamong SAKA tingkat Kwarda dan Kwarcab, Rekruitment dan Pelatihan Anggota SAKA POM, Sampling dan Pengujian PJAS dan Pangan Takkjil oleh Anggota SAKA POM Krida Pengujian, Pemeriksaan Sarana dengan Aplikasi Pramuka SAPA oleh Anggota SAKA POM Krida Pemeriksaan, Penyuluhan Keamanan Pangan di Sekolah oleh Anggota SAKA POM Krida Pemberi Informasi, Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat Obat dan Makanan di TVRI dan RRI, serta Talkshow Sosialisasi SAKA POM di TVRI oleh Ketua Kwarda dan Pimpinan SAKA POM Maluku.

 

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MMPM menjelaskan bahwa SAKA POM sangat mendukung revitalisasi SAKA dan siap membekali para anggota SAKA POM dengan kecakapan dan keahlian khusus di bidang obat dan makanan, sehingga diharapkan para anggota pramuka ini kelak dapat mengabdi atau berwirausaha di bidang obat dan makanan selepas dari kegiatan kepramukaan (IT).

 

“Mari Bergabung di SAKA POM, Siapkan Kompetensi di Bidang Obat dan Makanan”

 

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM di Ambon



Share This

Comments