01-Jul-2022

23

47

08

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Sertifikasi Level 2 dan Sampling Pangan Jajanan di Sekolah Intervensi B di Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2021
01 October 2021 12:05

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (01/10) – Tahun sudah berganti masa pandemi covid-19 belum juga hilang dan dampaknya masih terus dirasakan diberbagai kalangan, salah satunya sekolah. Hal ini tidak mengurangi semangat Balai POM Ambon untuk tetap melaksanakan pengawalan terhadap sekolah intervensi tahun 2020 Program Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah di Kabupaten Maluku Tengah yaitu Sertifikasi Level 2 dan Sampling Pangan Jajanan dilakukan pada hari Selasa (28/09). Kegitaan ini dilakukan di 5 sekolah yang telah mendapatkan sertifikat level 1 pada tahun 2020 berdasarkan self-assessment oleh kader keamanan pangan di masing-masing sekolah, dikarenakan sekolah sudah aktif di Kabupaten Maluku Tengah meskipun menggunakan strategi memakai shift agar tidak berkerumun dalam waktu yang lama.

Tim Auditor Balai POM Ambon melakukan assessment dengan melihat kondisi kantin mulai dari kondisi sarana dan prasarana kantin tersebut dan juga hygiene sanitasi di lingkungan kantin tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meng-upgrade sertifikat sekolah ke level 2. Kondisi sekolah juga terbatas karena baru saja aktif sekolah tatap muka maka kader masih merancang strategi-strategi agar dapat mengedukasi komunitas sekolah tentang keamnan pangan maupun hal lainnya. Meskipun sekolah sudah aktif tetapi kantin sekolah belum aktif dikarenakan menghindari kerumunan siswa-siswi. Kondisi kantin sekolah masih dalam kondisi yang baik meskipun masih dilakukan renovasi agar menjadi lebih baik lagi jika kantin sudah mulai diaktifkan.

KAK sampling tahun ini yang memperluas cakupan sampling, yang tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, namun juga di lingkungan luar sekolah bahkan di lingkungan tempat tinggal siswa-siswi, maka sampling dilakukan di lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggal siswa-siswi. Sampel pun dilakukan uji cepat menggunakan Rapid Test Kit dengan parameter uji: Boraks, Formalin, Rhodamin B dan Methanil Yellow. Hasil yang didapatkan setelah uji cepat dilakukan yaitu sampel Memenuhi Standar (MS) dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Hermanto S.Si,. Apt,.MPPM selaku Kepala Balai POM di Ambon juga mengapresiasi setiap sekolah yang sudah mau menjaga komitmen untuk terus menjaga keamnan pangan serta memberdayakan kader dan berharap kader-kader sekolah agar selalu menjaga keamanan pangan di sekolah dan dapat mengedukasi komunitas sekolah yang terdiri dari guru, siswa-siswi maupun orang tua terkait keamanan pangan di sekolah (VFIM).

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon



Share This

Comments