02-Jul-2022

00

12

42

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Sertifikasi Pangan Aman Level 2 di Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku
21 September 2021 14:04

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (21/9) - Kegiatan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekolah atau yang biasa disebut Program Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah ( PJAS ) terus digalakkan meski dalam kondisi Pandemi Covid-19. Balai POM di Ambon juga terus melakukan pengawalan terhadap sekolah-sekolah yang menjadi target intervensi tahun sebelumnya yaitu tahun 2020. Pada hari Selasa, 14 September 2021, petugas Balai POM di Ambon melakukan pengawalan kepada 5 sekolah di Desa Lokus Stunting di Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat di Maluku. Sekolah-sekolah ini merupakan sekolah intervensi PJAS tahun 2020 dan berhasil memperoleh Sertifikasi Pangan Aman Level 1.

Sertifikasi Pangan Aman Level 1 merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah berdasarkan self assessment kader keamanan pangan sekolah tersebut terhadap beberapa parameter, di antaranya: Komitmen Kader Keamanan Pangan Sekolah, Pemberdayaan Kader Keamanan Pangan sekolah kepada Komunitas Sekolah, Higiene Sanitasi Lingkungan Kantin, Sarana dan Prasarana Kantin, Kondisi Penjual Jajanan Sekolah dan beberapa parameter lainnya.

Tahun ini, selain melakukan pengawalan untuk melihat apakah para Kader Keamanan Pangan Sekolah masih terus aktif melakukan kegiatan terkait keamanan pangan di sekolahnya, para petugas dari BPOM Ambon juga melakukan Audit Eksternal yang juga disebut Sertifikasi Pangan Aman Level 2. Kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan apakah self assessment / audit internal yang dilakukan para Kader Keamanan Pangan Sekolah tahun kemarin benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan. Hal ini akan berujung pada pemberian Sertifikat Pangan Aman Level 2. Pada Kegiatan ini pula dilakukan sampling pangan jajanan di lingkungan sekolah sebagai salah satu parameter penilaian keamanan pangan sekolah.

Dari Kegiatan ini diperoleh hasil bahwa karena kondisi Pandemi Covid-19 dan PPKM menjadi hambatan bagi para Kader Keamanan Pangan Sekolah untuk melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan komunitas. Dari pengamatan juga terlihat sudah sebagain besar sekolah penerima Sertifikat Pangan Aman Level 1 yang benar-benar menerapkan paraktik keamanan pangan di lingkungan kantinnya (SKY).

“Mari Katong Jaga Keamanan Pangan dan Potong Pele Stunting di Maluku”

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM Ambon 



Share This

Comments