02-Jul-2022

00

28

51

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Survei Pasar dalam Rangka Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tahun 2022 di Pasar Mako
25 April 2022 07:24

Berita Umum    Post By : System Administrator

Pasar rakyat merupakan tempat strategis untuk berbagai tujuan dan berdasarkan hasil Survei Profil Pasar Tahun 2019, jumlah pasar rakyat di Indonesia dengan jumlah 15.567 pasar (Badan Pusat Statistik, 2019). Pasar adalah ujung tombak keamanan pangan dimana masyarakat sebagai konsumen memperoleh makanan sebelum dikonsumsi. Berbagai produk pangan, baik pangan segar maupun pangan olahan dengan mudah kita jumpai di pasar rakyat. Kurangnya pengendalian dan pengawasan yang dilakukan menyebabkan masih banyaknya temuan pangan yang mengandung bahan berbahaya seperti Boraks, Formalin, Kuning Metanil (Methanil Yellow) dan Rhodamin B di pasar rakyat. Keberadaan pangan yang mengandung bahan berbahaya tersebut tentunya sangat tidak diinginkan karena dapat mengganggu kesehatan konsumen.

Pasar Mako yang terletak di Kec. Waeapo, Kabupaten Buru merupakan pasar rakyat yang beroperasi 3 kali dalam seminggu dan menjadi salah satu pasar intervensi BPOM di Ambon dalam Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya. Survei pasar merupakan tahap kegiatan lanjutan yang dilaksanakan setelah Pasar Mako ditetapkan sebagai pasar yang akan dikendalikan sebagai Pasar Aman dari Bahan Berbahaya.

Survei dilakukan pada 13 April 2022 bersama dengan pengelola Pasar Mako yang dalam hal ini Disperindag Kab. Buru. Survei bertujuan untuk identifikasi pedagang pasar dan inventarisasi bahan berbahaya dan pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya serta identifikasi sarana prasana pasar dalam rangka pemenuhan persyaratan pasar sehat.

 

 



Share This

Comments