01-Jul-2022

23

47

45

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Talkshow RRI “Pengawasan Pangan Takjil Selama Bulan Ramadhan”
28 April 2022 10:48

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (28/04) – Balai POM di Ambon pada tahun ini melakukan pengawasan pangan takjil pada bulan Ramadhan. Pengawasan takjil dilaksanakan di Kota Ambon dan beberapa kabupaten/kota lainnya di Provinsi Maluku beersama lintas sektor terkait. Untuk itu penjelasan terkait pengawasan takjil di beberapa kabupaten/kota yang perlu diketahui oleh masyarakat.

Disiarkan langsung dari RRI Ambon dalam acara Dialog Publik Bersama Balai POM Maluku pada Rabu (27/04/2022) dengan narasumber Kepala Balai POM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM dengan menggandeng Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon drg. Wendy Pelupessy dengan tema “Pengawasan Pangan Selama Bulan Ramadhan di Kota Ambon”

Kepala Balai POM di Ambon menyampaikan bahwa Di Kota Ambon pengawasan takjil telah dilakukan di lokasi-lokasi penjualan takjil yaitu Masjid Raya Al-Fatah, Batu Merah, Galunggung, Kebun Cengkeh, Waiheru, Nania dan Wayame sebanyak 83 sampel berhasil disampling yang dicurigai dan diuji dengan parameter kimia. Pengujian dilakukan menggunakan rapid test kit. Hasil yang diperoleh yaitu semua sampel yang telah disampling dinyatakan negatif dari bahan berbahaya kimia, beliau juga menyampaikan bahwa bersyukur masyarakat kita sadar akan bahaya penggunaan bahan berbahaya kimia pada makanan.

Sedangkan drg. Wendy Pelupessy beliau mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan bahan baku, cara pengolahan dan cara pengemasan, pangan yag dijual selalu dalam keadaan tertutup, memakai Alat Pelindung Diri (APD) berupa celemek, sarung tangan dan masker, agar pangan yang dijual dapat memberikan kesehatan bagi kita semua dan kepada konsumen jadilah konsumen yang cerdas dengan membeli pangan takjil yang aman untuk dikonsumsi.

Kepala Balai POM di Ambon Hermanto, S.Si., Apt., MPPM memberikan tips untuk konsumen agar selalu menerapkan Cek KLIK yaitu Cek Kemasan, Label, Ijin edar dan Kadaluarsa pada saat berbelanja dan tidak membeli pangan takjil yang berwarna mencolok atau yang tidak terjaga kebersihannya (VFIM).

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis), Hubungi:

Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon Telepon (0911) 342-742) ; Whatsaap 0811-4800-222 ; website bpomambon.com / ambon.pom.go.id ; Instagram : bpom_ambon ; Facebook : Balai POM di Ambon ; dan Youtube BPOM AMBON. 



Share This

Comments