04-May-2024

19

34

16

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Bimbingan Teknis District Food Inspector (DFI)
21 June 2023 13:53

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (20/06) - Badan POM melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Inspektur Pangan Daerah yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengawasan Produksi Pangan Olahan Badan POM RI, bertempat di Swissbell Hotel, Jl. Benteng Kapaha No.88 Uritetu, Kec. Sirimau, Kota Ambon, Maluku, pada hari Rabu dan Kamis, 14 – 15 Juni 2023.  

Pada kegiatan bimtek ini, turut serta Unit pelayanan Teknis Balai POM di Ambon, Balai POM Sofifi, dan Loka POM Kepulauan Tanimbar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Inspektur Pangan Daerah, khususnya terhadap tren pengawasan pangan terkini, dengan fokus Pengawasan Pangan Olahan Berwawasan Produksi Berkelanjutan dan Peduli Lingkungan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM, Dra. Rita Endang, M.Kes, Apt secara daring dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Drg. Wendy Pelupessy, M.Kes, Direktur Pengawasan Produksi Pangan Olahan Sondang Widya Estikasari, S.Si, Apt, MKM serta perwakilan Kepala Balai POM di Ambon, Kepala Balai POM di Sofifi, dan Kepala Loka POM di Kepulauan Tanimbar.

Dalam arahannya Deputi mengajak DFI di kabupaten kota dengan didukung oleh UPT setempat berkomitmen meningkatkan kualitas pengawasan dalam rangka mengawal Industri Rumah Tangga pangan (IRTP) yang sesuai dengan sasaran SDGs Nomor 12, yaitu mulai menerapkan  produksi berkelanjutan pangan olahan yang berdampak bagi keseimbangan lingkungan hidup.

Pada kesempataan ini juga Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, M.Sc selaku Dewan Penasihat South East Asia Food and Agriculture Science and Technology (SEA-FAST) Centre Institut Pertanian Bogor (IPB) turut memberikan pembekalan kepada DFI di kabupaten/kota Provinsi Maluku  terkait sistim pengawasan produksi pangan olahan berkelanjutan serta peduli lingkungan.

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MMPM mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan pencerahan, serta update informasi khususnya tren pengawasan terkini pangan olahan bagi DFI di Kabupaten/Kota dalam melakukan pengawasan dan pendampingan kepada IRTP dalam rangka produksi pangan olahan berkelanjutan dan peduli lingkungan (MSTO)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments