04-May-2024

22

59

29

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Bimtek Komunitas Desa Kamarian, Tingkatkan Peran dan Partisipasi Masyarakat Menuju Desa Pangan Aman
21 July 2023 11:19

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon - Sebagai langkah lanjut setelah dilaksanakannya Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa pada awal bulan juli, sekaligus menjadi salah satu rangkaian program Gerakan Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Seram Bagian Barat, BPOM di Ambon kembali menggelar Bimtek Komunitas Keamanan Pangan Desa. Kali ini, Selasa (18/07/2023) BPOM di Ambon gelar Bimtek Komunitas bagi Masyarakat Desa Kamarian, bertempat di Kairatu Beach.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam mewujudkan desa pangan aman di Desa Kamarian yang menjadi salah satu lokus stunting tahun 2022. "Desa Kamarian menjadi salah satu desa yang direkomendasikan oleh Pemerintah Kab. SBB untuk diinisiasi program nasional Badan POM", jelas Siska Yanti  yang mewakili sambutan Kepala BPOM di Ambon.

Siska juga menyampaikan harapan komunitas Desa Kamarian dapat terus komitmen untuk bersama dan bekerja sama mewujudkan Desa Pangan Aman.  Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Kamarian, Jance Tuhehay yang mengapresiasi program yang diselenggarakan oleh BPOM di Ambon dengan melibatkan lebih banyak komunitas masyarakat yang dilaksanakan secara berkesinambungan.

Bimtek ini diikuti 51 peserta yang terdiri dari Komunitas Keluarga, Komunitas Sekolah, Komunitas Pangan Siap Saji, dan Komunitas Ritel Pangan didampingi oleh 15 orang Kader Keamanan Pangan Desa dan 4  orang yang tergabung dalam Tim Keamanan Pangan Desa.

Petugas BPOM di Ambon melakukan gap assesment untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta mengenai keamanan pangan melalui pemberian pre dan post test. Sesi pemaparan materi disampaikan oleh para Kader melalui diskusi kelompok dengan memaparkan materi kunci keamanan pangan sesuai dengan masing-masing komunitasnya dengan didampingi oleh Petugas BPOM di Ambon. Para peserta tampak aktif dan antusias dalam mengikuti diskusi kelompok hingga dilakukan review materi oleh Petugas BPOM di Ambon.

Acara ditutup oleh Kepala Desa Kamarian yang sekaligus menyapaikan harapan agar komunitas  dapat menerapkan materi yang sudah disampaikan oleh para Kader dalam praktek sehari-hari terutama dalam hal mewujudkan keamanan pangan dengan menerapkan kunci keamanan pangan (HLN).

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments