04-May-2024

19

06

59

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM Ambon kembali orbitkan Kader Keamanan Pangan Desa di Desa Kamarian dan Desa Hatusua
13 July 2023 10:31

Berita Umum    Post By : System Administrator

Kairatu – Setelah sehari sebelumnya telah dilaksanakan Bimtek Kader Keamanan Pangan untuk Desa Kairatu dan uraur, pada hari selanjutnya, selasa ( 12/07/2023 ) yang menjadi peserta kegiatan serupa adalah kader dari Desa Kamarian dan Desa Hatusua. Bertempat di Kairatu Beach, kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama 8 jam ini dihadiri oleh kurang lebih 50 orang yang terdiri dari 15 orang kader desa Kamarian dan 15 orang kader desa Hatusua. Selain kader, pernagkat desa juga turut hadir sebagai tim keamanan pangan desa. 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Camat Kecamatan Kairatu, Marcoroy B Lekaweal, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPOM Ambon yang sudah menginisisasi kegiatan yang baik ini. Camat Kairatu berharap agar setiap kader dari desa yang telah dipilih benar-benar serius dan komitmen dalam mendengarkan materi karena setelah kegiatan ini, setiap kader akan membimbing komunitas di desanya.

Bimtek ini diawali dengan pre test untuk peserta dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Tim Informasi dan Komunikasi BPOM Ambon. Materi yang terdiri dari Juknis GKPD, Keamanan Pangan yang dibawakan oleh Ima Taufik, 5 Kunci Keamanan Pangan yang dibawakan oleh Siska Yanti, serta materi Keracunan Pangan oleh Hellena Arvinda. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan demo cara penggunaan rapid test kit. Perlu diketahui, bahwa tiap desa mendapatkan alat rapid tes kit untuk digunakan dalam intensifikasi pengawasan pangan desa oleh kader yang telah dilatih ini. Sebelum dilakukan penutupan, seperti biasa dilakukan evaluasi terhadap peserta yang hadir melalui post tes.

Kader Keamanan Pangan yang telah terpilih diharapkan menjadi fasilitator keamanan pangan yang akan membimbing komunitas di desanya. Komunitas yang berasal dari berbagai unsur masyarakat diharapakan memiliki perilaku dan pengetahuan terkait keamanan pangan yang memadai sehingga pada akhirnya Desa Kamarian dan Desa Hatusua menjadi desa yang memiliki keamanan pangan yang baik. ( SY )

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments