04-May-2024

19

26

22

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

BPOM Ambon laksanakan Sosialiasasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah
16 August 2023 15:30

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon – Pangan Jajanan Anak Sekolah ( PJAS ) merupakan salah satu hal yang menjadi focus utama dalam rangka penurunan angka stunting di Indonesia. Generasi muda harus diberikan asupan pangan yang sehat dan terjamin keamanannya. Keamanan pangan di sekolah merupakan tanggung jawab semua pihak, bukan hanya kepala sekolah, guru, dan pedagang di kantin, tapi juga tanggung jawab para orang tua siswa. Pihak sekolah sebagai penentu kebijakan sekolah, diharapkan memiliki pemahaman yang baik terkait keamanan pangan jajanan anak sekolah, sehingga dapat membuat kebijakan terkait keamanan pangan di sekolahnya.

Hal ini menjadi latar belakang dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Keamanan PJAS pada hari Senin, 31 Juli 2023 secara daring. Kegiatan yang juga merupakan bagian dari intervensi Program Prioritas Nasional tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Balai POM Ambon, Leindhard S Simatauw. Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 180 orang yang berasal dari 92 sekolah berlangsung dalam 2 sesi. Sesi pertama diisi oleh pemaparan materi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, F.F Tasso yang membawakan materi Peran Dinas Pendidikan terhadap PJAS  dan Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kota Ambon, Ola Nunumete yang membawakan materi Kantin Sehat. Sesi kedua diisi dengan materi terkait Keamanan Pangan, Pengenalan Bahaya Keamanan Pangan dan Informasi Nilai Gizi yang dibawakan oleh tim Infokom BPOM Ambon.

Setelah pemaparan materi dilaksanakan sesi diskusi yang berisi pertanyaan-pertanyaan dari beberapa perwakilan sekolah. Dalam diskusi ini beberapa sekolah pun mengapresiasi kegiatan ini karena menurut mereka saat ini jajanan di sekolah sangat marak dan sekolah harus mulai memiliki kewaspadaan terhadap keamanannya.

Generasi muda cerdas dan sehat harus dipersiapkan dari sejak mereka di bangku pendidikan dengan menjamin keamanan pangan jajanan yang beredar di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Pihak sekolah diharapkan memiliki kesadaran dan pengetahuan yang memadai terkait keamanan pangan agar dapat menjamin sekolahnya benar-benar telah menerapkan 5 kunci keamanan pangan sekolah. ( SY )

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments