04-May-2024

21

53

00

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Fasilitasi Kader Keamanan Pangan Desa, BPOM di Ambon Gelar Bimbingan Teknis Komunitas di Desa Wailola Kab. Seram Bagian Timur
23 August 2023 07:24

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (23/08/2023) – Dalam rangka pelaksanaan salah satu Program Prioritas Nasional (Propenas), Program Gerakan Kemanan Pangan Desa (GKPD), BPOM di Ambon, selenggrakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Komunitas Keamanan Pangan di Desa Wailola Kab, Seram Bagian Timur (SBT), Selasa (22/08/2023)

Bimtek komunitas kemanan pangan merupakan tahapan ketiga dari delapan tahapan Program GKPD yang bertujuan untuk menciptakan keamanan pangan desa. Pada Kegiatan Bimtek ini dilakukan penyuluhan kepada komunitas-komunitas desa yang telah dibentuk pada tahap sebelumnya. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. SBT, Kec. Bula yang dihadiri oleh Ketua Tim Kerja Substansi Informasi dan Komunikasi BP0M di Ambon, Kepala Desa Wilola, 12 Orang Kader Keamanan Pangan Desa Wailola, dan 50 orang peserta dari 4 unsur komunitas keamanan pangan desa.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Tim Kerja Substansi Informasi dan Komunikasi BPOM di Ambon, Imam Taufik.  "Dalam menciptakan kemanan pangan suatu desa, terlebih dahulu dibentuk tim keamanan pangan desa yang beranggotakan 4 (empat) orang yaitu kepala desa, sekertaris desa, ketua tim penggerak PKK, kepala Urusan Kesejahteraan yang bertugas untuk membuat program, melakukan pencanangan, monitoring, dan penganggaran agar program GKPD tetap bisa berjalan" ungkap Imam Taufik.

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Desa Wilola, Amin Rumbara, sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutanya, Amin Rumbara, sangat mengapresiasi kehadiran BPOM di Desa Wailola ini guna menciptakan kemanan pangan desa. Dia juga berpesan kepada seluruh peserta Bimtek komunitas kemanan pangan desa dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga nantinya terbentuk komunitas-komunitas kemanan pangan desa yang handal di Desa Wilola. 

Acara selanjutnya dilakukan penyuluhan oleh 15 orang kader keamanan pangan desa kepada 50 orang komunitas kemanan pangan desa yang dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan unsur komunitasnya. Pada sesi ini para kader keamanan pangan desa melakukan penyuluhan terkait 5 kunci kemanan pangan yaitu beli pangan yang aman, simpan pangan secara aman, siapkan pangan secara seksama, sajikan pangan secara aman, dan bersih selalu.

"Besar harapan kami seluruh tahapan-tahapan progam GKPD ini dapat diselesaikan dengan baik dan berkelanjutan sehingga terciptanya keamanan pangan desa yang akan berdampak pada penurunaan angka stunting di Indonesia" Imam menambahkan.

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb/Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments