27-Apr-2024

04

47

10

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Intensifikasi Pangan Takjil Maluku Tenggara
28 April 2022 10:46

Berita Umum    Post By : System Administrator

Seminggu menjelang hari raya Idul Fitri, pusat jajanan takjil di Maluku Tenggara masih terpantau ramai. Pada hari Selasa tanggal 26 April 2022, petugas Balai POM Ambon melakukan intensifikasi pangan takjil di  beberapa lokasi di Maluku Tenggara.

Sebagian besar takjil yang dijual berupa minuman segar, es, serta kue-kue. Terhadap pangan takjil yang memiliki warna khas, dilakukan sampling dan pengujian bahan berbahaya kimia yang biasa ditambahkan pada pangan dengan menggunakan Rapid Tes Kit.

Dari sejumlah lokasi, disampling sebanyak 10 sampel, yang terdiri dari es pisang ijo dan es buah yang memiliki warna khas merah, kue lontar dan herkules yang berwarna kuning serta beberapa kue lainnya. Untuk pangan takjil yang berwarna merah dilakukan pengujian parameter Rhodamin B dan untuk yang berwarna kuning dilakukan pengujian Methanyl Yellow. Dari hasil pengujian, diperoleh hasil bahwa 10 sampel tersebut tidak mengandung bahan berbahaya kimia.

Selain melakukan sampling dan pengujian, dilakukan pula edukasi kepada penjual terkait bagaimana menjaga higiene sanitasi dalam mengolah dan menyajikan serta menyerahkan pangan kepada pembeli. Semoga setiap tahun, kesadaran para masyrakat  akan keamanan pangan di Kabupaten Maluku Tenggara semakin meningkat. (SY)

Layanan Informasi dan Pengaduan (Gratis), Hubungi:

Unit Pelayanan Publik BPOM di Ambon Telepon (0911) 342-742) ; Whatsaap 0811-4800-222 ; website bpomambon.com / ambon.pom.go.id ; Instagram : bpom_ambon ; Facebook : Balai POM di Ambon ; dan Youtube BPOM AMBON. 



Share This

Comments