04-May-2024

14

13

58

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Kepala Badan POM RI Hadiri Urun Rembuk Bersama Masyarakat Saparua
21 June 2023 13:03

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (19/06) - Masih dalam rangkaian Kunjungan Kerja Kepala Badan POM RI di Provinsi Maluku, dilaksanakan kegiatan bertajuk Urun Rembuk Kepala Badan POM RI Bersama Masyarakat Saparua, bertempat di Gedung pertemuan Zebaoth Saparua, Sabtu 17 Juni 2023. 

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 13.00 WIT ini dilaksanakan dalam rangka Gerakan Nasional Peduli Lingkungan, dengan mengambil tema “BPOM Mendukung Produksi dan Konsumsi Obat dan Makanan Berkelanjutan Untuk Indonesia Maju”

Acara ini diawali dengan kegiatan Sosialisasi Produksi dan Konsumsi Berkelanjutan Melalui Upaya Penurunan Food  Waste (sampah pangan) yang disampaikan oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan Badan POM RI, Ema Setyawati, S.Si, Apt, ME.

Acara dilanjutkan dengan “”Sosialisasi Ayo Buang Sampah Obat dengan Benar” yang disampaikan oleh Afrizal, S.Farm, Apt selaku Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda, Direktorat Pengawasan Distribusi dan Pelayanan Obat, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor Badan POM RI

 Acara juga dilanjutkan dengan “Sosialisasi Reduksi Sampah Melalui Penggunaan Kemasan Ulang Kosmetik” yang disampaikan oleh Dian Handayani, S.Farm., Apt selaku Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda   Direktorat Pengawasan Kosmetik Badan POM RI.

Kegiatan yang dihadiri oleh 150 orang peserta ini kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tengah, Syahrul Ihsan, SKM, M.Kes.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Ibu Kepala Badan POM RI, Dr. Penny K. Lukito, MCP. Belaiu dalam arahannya mengajak semua masyarakat Saparua untuk peduli lingkungan melalui gerakan buang sampah obat dengan benar dimana kegiatan ini telah bekerja sama dengan beberapa apotek di Saparua.

Beliau juga memperkenalkan kosmetik isi ulang dimana penggunaan produk ini dapat mengurangi sampah plastik. Beliau juga tidak lupa mengingatkan untuk selalu hemat dalam mengolah makanan, penggunaan bahan baku pangan yang tidak      berlebihan sehingga dapat mengurangi sampah makanan.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara simbolis yaitu “Ayo Buang Sampah Obat dengan Benar” dilanjutkan dengan penyerahan bantuan peralatan produksi pangan olahan dari BPOM kepada UMKM untuk membangun kapasitas pengusaha UMKM sehingga dapat memproduksi pangan yang lebih baik. Acara diakhiri dengan kunjungan ke stand pameran produk produk pangan lokal masyarakat Saparua yang telah mendapatkan izin edar dari Badan POM.

BPOM di Ambon sebagai unit pelaksana teknis Badan POM RI di Maluku terus bergerak bersama pemerintah daerah setempat untuk mendampingi pengembangan produk dari bahan lokal setempat sehingga dapat membantu mengembangkan ekonomi rumah tangga yang dapat berdampak pada perekonomian masyarakat di Saparua.

BPOM juga terus mengajak masyarakat melalui kegiatan ini agar semakin memperhatikan lingkungan melalui peduli sampah obat dan makanan (SY)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments