04-May-2024

15

00

14

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Monev Terpadu Program Prioritas Nasional Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2023
09 November 2023 13:49

Berita Umum    Post By : System Administrator

 

Ambon – Program Prioritas Nasional (Propenas) BPOM Ambon Tahun 2023 hari ini memasuki tahap akhir. Bertempat di Kairatu Beach, Rabu 8 November 2023 dilaksanakan kegiatan Monev Terpadu Program Prioritas Nasional yang dibuka secara resmi oleh Bupati Seram Bagian Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Seram Bagian Barat, Joseph Rahanten. Didampingi oleh Kepala Balai POM Ambon, Tamran Ismail, kegiatan ini diawali dengan sambutan dan apresiasi dari pemerintah daerah atas program inisiasi BPOM RI yang tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Seperti diketahui, sepanjang tahun 2023, telah dilaksanakn 3 program prioritas di Kabupaten Seram Bagian Barat, yakni Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) yang mengintervensi 4 desa yakni Desa Kamarian, Desa Kairatu, Desa Uraur, dan Desa Hatusua; kemudian ada program Pasar Aman Berbasis Komunitas (PABB) yang mengintervensi 1 pasar yakni Pasar Kairatu; serta Program Sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman yang mengintervensi 14 sekolah.

Setelah sesi pembukaan, dilakukan penyerahan Sertifikat dan Plakat Sekolah dengan PJAS Aman kepada 14 sekolah yang telah mengikuti rangkaian intervensi serta telah dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan predikat sebagai Sekolah dengan PJAS Aman. Selain penyerahan sertifikat kepada sekolah, dilakukan pula penandatanganan Rencana Aksi Desa oleh 4 Kepala Desa yang telah diintervensi tahun ini. Rencana Aksi ini merupakan wujud komitmen pemerintah desa dalam menjamin keberlangsungan program keamanan pangan di desa secara mandiri di tahun mendatang.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula pemaparan materi progress dan hasil intervensi setiap program dan diakhiri dengan sesi diskusi. Dalam sesi diskusi ini, berbagai apresiasi dari pemerintah desa dan lintas sector terkait terhadap program inisiasi ini. Besar harapan agar di waktu mendatang, meskipun tidak lagi diintervensi oleh BPOM Ambon, namun desa, pasar, dan sekolah terus menjaga keberlangsungan program keamanan pangan ini, melakukan inovasi terus menerus, serta yang menjadi harapan besar agar dilakukan replikasi kepada desa, pasar, dan sekolah lain yang belum diintervensi. ( SY )

 

Dapatkan Informasi Obat dan Makanan terkini. Follow_akun medsos ig /_Tiktok Twitter: @bpom.ambon,Fb/youtube: Balai POM di Ambon. Layanan Informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telepon (0911)342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222



Share This

Comments