04-May-2024

18

45

36

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Monitoring Evaluasi Pemberdayaan Kader Sekolah di Kabupaten Seram Bagian Barat
09 June 2023 14:39

Berita Umum    Post By : System Administrator

Para Kader Keamanan Pangan Sekolah di Kabupaten Seram Bagian Barat mengikuti tahap Monitoring dan Evaluasi Pemberdayaan Kader yang dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu, 6 -7 Juni 2023. Sejumlah 14 sekolah yang menjadi lokus intervensi program Sertifikasi Sekolah dengan PJAS Aman tahun 2023.

Adapun tujuan dari tahapan ini adalah memastikan Intervensi Keamanan Pangan oleh Kader Keamanan Pangan Sekolah kepada komunitas sekolah telah dilakukan secara mandiri. Setelah mengikuti Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan sekolah yang dilaksanakan pada bulan April yang lalu, kader keamanan pangan sekolah kemudian melakukan pemberdayaan komunitas sekolahnya, berupa pembentukan tim keamanan pangan sekolah, melakukan perencanaan kegiatan pemberdayaan komunitas sekolah, serta kegiatan mandiri lainnya.

Tim Keamanan Pangan Sekolah yang sudah dibentuk oleh Kepala Sekolah diharapkan menjadi pelopor dan penggerak keamanan pangan sekolah yang mandiri. Pada tahap monev pemberdayaan kader ini, dilakukan verifikasi data dukung oleh petugas BPOM Ambon dengan melihat kelengkapan data dukung berupa SK Tim Keamanan Pangan Sekolah, Dokumen Rencana Aksi, Dokumentasi Sosialisasi Keamanan Pangan Sekolah yang dilaksanakan kader kepada komunitas sekolah, serta data dukung kegiatan mandiri lainnya.

Para Kader Keamanan Pangan Sekolah di 14 sekolah terlihat sangat berkomitmen memberdayakan komunitas sekolahnya dan terus melakukan edukasi terkait keamanan pangan sekolah. Hal ini terlihat dari berbagai paket edukasi yang dipajang di sekolah, kegiatan sosialisasi keamanan pangan yang dihadiri antusias oleh komunitas sekolah, serta praktek keamanan pangan seperti kantin yang terjaga kebersihannya.

Besar harapan agar komitmen kader dan komunitas sekolah dalam menjaga keamanan pangan terus terjaga. Setelah tahap ini, akan dilakukan sertifikasi akhir dan sampling jajanan sekolah yang menjadi bagian akhir dari program ini. ( SY )

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments