01-Jul-2022

23

46

31

PAPAN INFORMASI OBAT DAN MAKANAN ONLINE (PANORAMA LAIN)
BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN DI AMBON

Sertifikasi Sekolah Pangan Aman Level 2 di Maluku Tenggara
03 November 2021 06:51

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (02/11) - Maluku Tenggara menjadi daerah terakhir pelaksanaan Audit Sertifikasi Pangan Aman Level 2 Sekolah Intervensi A di Maluku. Seperti yang diketahui, sebelumnya sudah dilaksanakan kegiatan serupa di Kota Ambon. Sekolah intervensi A di Kabupaten Maluku Tenggara berjumlah 8 sekolah yang telah mengikuti rangkaian tahap intervensi dari awal tahun 2021. Kedelapan sekolah ini terdiri dari tingkat Pendidikan Sekolah Dasar, SMP, dan SMA. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 di Langgur, Maluku Tenggara.

Meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat para Kader Keamanan Pangan Sekolah untuk mempersiapkan data dukung yang dibutuhkan dalam kegiatan audit level 2 ini. Sertifikasi Sekolah Pangan Aman Level 2 ini yang disebut juga audit eksternal merupakan tahap di mana petugas Balai POM Ambon melakukan evaluasi langsung terhadap hasil audit internal (self assessment) yang dilakukan kader keamanan pangan sekolah.

Dari hasil audit ekseternal ini, diperolah gambaran bahwa sebagian besar kader keamanan pangan telah melaksanakan intervensi keamanan pangan kepada komunitas sekolah berupa sosialisasi tentang praktek keamanan pangan yang baik. Dilihat pula dari kondisi kantin dan lingkungan sekolah yang terjaga hygiene sanitasinya, meskipun kantin belum beroperasi secara maksimal.

Sampling jajanan di kantin sekolah dan di lingkungan sekitar sekolah yang merupakan rangkaian dari kegiatan ini pun dilaksanakan pada hari itu juga. Dari hasil pengujian menggunakan rapid test kit, diperoleh hasil bahwa semua sampel jajanan memnuhi syarat atau tidak mengandung 4 bahan berbahaya pada makanan yaitu boraks, formalin, rhodamin-B dan metanil yellow.

Besar harapan agar tahun depan, komitmen kader keamanan pangan sekolah di Maluku Tenggara tidak berkurang meski tanpa intervensi Balai POM Ambon lagi sehingga tujuan utama program nasional ini yakni menumbuhkan kader keamanan pangan sekolah yang mandiri dalam menjamin keamanan pangan sekolah terwujud (SKY).

 Kontributor: Unit Pelayanan Publik BPOM Ambon

 



Share This

Comments