04-May-2024

23

00

35

PANORAMA 24
Papan Informasi Obat dan Makanan Online

Sosialisasikan Perizinan Pangan dan Kuliner Halal, BPOM Ambon Berpartisipasi Dalam Kegiatan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku
23 June 2023 17:03

Berita Umum    Post By : System Administrator

Ambon (20/06) – BPOM Ambon turut serta sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Sertifikasi Makanan Halal, yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku, bertempat di Grand Avira Hotel, pada Kamis, 15 Juni 2023.  

Sosialisasi yang mengambil tema “Membangun Usaha Ekonomi Kreatif Produk Kuliner Siap Edar” ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku, dr Meikyal Pontoh, M.Kes. Dalam arahannya, Kepala Dinas menekankan pentingnya izin edar, kesehatan dan kehalalan produk pangan dan kuliner dalam mendukung pariwisata Maluku.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 30 peserta pelaku usaha pangan dan industri kreatif ini, menghadirkan narasumber dari BPOM Ambon dan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Universitas Pattimura Ambon. Pemaparan materi dan diskusi dilakukan secara panel. Sebagai moderator adalah Bapak Muhammad Ali Hanapi Soumena SE selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif.

Narasumber pertama adalah Bapak Drs. Adriani Bandjar MSc selaku Ketua Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Universitas Pattimura Ambon membawakan materi terkait tata cara dan prosedur sertifikasi halal. Sedangkan narasumber kedua adalah Imam Taufik SFarm Apt MFarm selaku Ketua Tim Infokom BPOM Ambon membawakan materi terkait keamanan pangan dan tata cara perizinan pangan olahan.

Peserta Nampak antusias bertanya terkait dengan perizinan pangan, baik pangan MD maupun PIRT serta perizinan NIB melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). Peserta juga antusias bertanya terkait prosedur sertifikasi halal dan program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Kemenag. Dalam kegiatan ini juga BPOM melakukan pendampingan untuk penerbitan izin edar PIRT dan NIB.

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM, dalam kesempatan terpisah mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan pencerahan kepada IRTP dan pelaku usaha pangan dalam rangka peenrbitan izin edar dan produksi pangan olahan yang memenuhi syarat kesehatan (IT)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkini. Follow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb / Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

 

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE



Share This

Comments